Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik

Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik – Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penahan arus listrik. tanpa adanya resistor didalam rangkaian elektronik maka rangkaian tidak akan bisa bekerja sempurna. dalam penggunnya terhadap perangkat audio musik. resistor biasanya berukuran kecil. resistor juga berguna sebagai pembagi arus listrik yang akan didistribusikan kebagian selanjutnya pada rangakaian elektronika.

Resistor sangat mudah di kenal karena ciri – cirinya komponen adalah memiliki warna – warna yang bervariasi pada bedannya. Resistor adalah komponen yang di elektronika yang tidak cepat rusak. jadi bila dalam rangkaian sangat jarang terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh resistor.

Baca juga: Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara

Pada rangkaian enhancer, resistor yang digunakan pada umumnya bernilai 1 Kilo Ohm, 100 Ohm, 4,7 Kilo Ohm, 5,6 Kilo Ohm, 6,8 Kilo Ohm. kita akan menemukan rsistor dengan ukuran tersebut pada setiap rangkaian enhancer atau blender dan sound framework. resistor jenis, bentuk dan ukuran nya berbeda – beda.

Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik

Resistor Variabel (tidak tetap)

Resistor variabel ada yang berupa potensiometer dan Trimpot. Yang satu ini sering kita lihat pada perangkat audio elektonik. Potensiometer dapat kerjakan untuk mengatur besarnya suara yang dihasilkan, misal: Treble, bass, dan lainnya. sedangakan trimpot selalu ditempatkan didalam rangkaian sehingga kita sulit menjangkaunya jika pursuing perangkat sudah ditutup.

Penggunaan Tripot sering kali kita lihat di dalam beberapa buah rangkaiyan audio, namun perancang rangkaiyannya sudah mensetting untuk mengadakan komponen – komponen ini tidak terlalu di setem. Tripot di setem dengan cara menggunakan sebuah obeng.

Dengan memutar alat tersebut, tanpa disadari, kita sudah mengubah tahanan arus listrik didalam suatu blok rangakaian. jika potensiometer diputar secara perlahan dan speaker mengeluarkan perubahan yang perlahan pula, maka nilai tahanan potensiometer tersebut diatas 100 K, atau baca juga:Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker, sebaliknya jika potensiometer diputar perlahan, namun speaker menunjukkan perubahan drastis, maka nilai potesiometer tersebut pasti bernilai 50 kilo ohm ke bawah.

Resistor Tetap

Resistor yang satu ini adalah sebuah resistor yang daya tahannya tidak akan bisa berubah. Contohnya 1 kilo ohm tetap berukuran yang sedemikiannya yaitu 1 kilo ohm. Resistor yang satu ini memiliki 3 bentuk. Perhatikan gambar   dibawah ini. ketiga resistor ini sangat sering digunakan dalam memaksimalkan kinerja suatu rangakaian audio elektronika.

Pada gambar yang 1 di atas Resistor yang sering digunakan pada ampli – ampli dan sound Framework, dan pada gambar yang ke 2, adalah salah satu resistor yang paling sering kita lihat di rangkaiyan efek advanced/multieffek namun pada saat ini,seiring berkembangnya teknologi, pada enhancer ternama buatan luar negeri sudah menggunakan resistor yang ada di gambar nomor 2 pada beberapa blok rangkaian amplifiernya.

Oleh karena itu, kita mengihinkan sebuah perubahan yang secara perlahan ketike potesio di putar suatu perangkat audio elektronik,dan naikkanlah nilai tahanannya potensiometer dengan cara mengantinya. dibawah ini adalah wujud asli dari potensiometer.

List speaker yang sering dicari:

Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker –
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD di HP Android
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus –
Must read×

Top