Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker

Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker – bagi teknisi elektronik, melakukan menngkatkan kualitas suara speaker merupakan hal yang mudah. Seorang teknisi hebat,biasanya tak pernah puas dengan hasil suara sound yang keluar dari perangkat intensifier atau speaker yang mereka rakit.

Seringkali dijumpai suara sound yang dihasilkan terdengar baik dan halus pada saat volume di setel pada posisi rendah, namun terdengar sember dan agak pecah atau istilahnya drop pada suara bass dan sering bergetar tak karuan pada saat volume dimaksimalkan sampai 75% atau bahkan 100 %. Kenapa hal ini terjadi? padahal perangkat Speaker aktif atau intensifier dalam kondisi baru dari toko atau baru dirakit.

Baca juga: Cara Memutar Film DVD Di HP Android

Kualitas suara bass dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu: kualitas save part,jenis save part yang dipasang dan trafo. Trafo memengang peran yang paling penting dalam daya dorong output suara bass. amper atau kekuatan arus sangat dominan untuk menghasilkannya suara bass yang bulat dan halus. Semakin besarnya output yang dibutuhkan, dan semakin besar pula amper trafo yang kita butuhkan. semisal, Speaker aktif atau enhancer anda berkekuatan 150 watt stereo (kiri 75 watt 7 kanan 75 watt). anda harus memasang trafo insignificant 10 amper pada catu daya agar suara bass yang dihasilkan full power dan jernih. Semisal pada in put control di PCB catu daya tertera 12 v and 0 (pada trafo nol) atau 24 v and 24 volt and CT (pada trafo CT), akan keluar tegangan 12 V DC yang melalui dioda connect dengan besar arus 10 amper. Trafo sebesar 10 amper cukup kuat untuk menghasilkan suara bass yang jernih maupun besar dibandingkan dengan trafo 5 amper. karena anda menggunakan stereo yang artinyam tiap out sput speker (R and L) mendapat catu arus sebesar masing-masing 5 amper. Namun jika anda memasang 5 ampere, maka arus yang keluar pada masing speker hanya 2.5 amper.

Baca juga: Cara Agar Suara Speaker Jernih Dan Tidak Pecah

bisakah memakai trafo lebih dari 10 amper? tentu saja bisa,  namun dioda connect yang anda harus pasang juga harus lebih besar kemampuan menahan arusnya. kalau anda menggunakan 4 dioda jenis silicon, maka sebaiknya anda memasang insignificant yang 3 amper. begitu juga elco channel nya juga harus anda naikkan nilai capasitasnya.

 

contoh: Trafo anda 20 amper dengan tenaga yang di lilit sekundernya 12 volt dan nol. Maka anda harus menggunakan 4 dioda silicon 3 amper dan elco channel negligible 6000 mf/50 volt 2 buah (untuk trafo CT dipasang seri) atau 1 buah elco 10.000 mf dipasang paralel pada dioda. Semakin besar amper pada trafo, maka kapasitas elco juga harus semakin besar untuk meminimalisir kebocoran arus air conditioning yang mengakibatkan suara sound kasar dan kadang berdengung. baiaynya pasti akan lebih mahal, namun hasilnya akan jauh lebih baik.

 

Faktor lain untuk meningkatkan kualitas suara bass pada sound adalah kualitas save part dan jenis yang digunakan. Semakin bagus kualitas save partnya, maka semakin baik hasil out put nya. Semisal radio-tape atau intensifier merk “polytron”. plytron terkenal dengan suara yang lebih halus dan sangat menonjol, sementaranya suara bass yang dihasilkan kurang kalau tidak digunakan sub-woofer. Biasanya Plytron menggunakan capasitor jenis tantalum di PCB dibandingkan capasitor electrolit (elco). saya belum bisa membuktikan pengaruh faktor ini secara teori atau ilmiah,atau baca juga: Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus, namun pada ekperimen yang dan praktek yang sering saya lakukan, capasitor tantalum sangat baik untuk meningkatkan suara trebel dan hasilnya sangat halus (harganya jauh lebih mahal dari elco). Sedang

kan merk “Sony’ tekenal dengan suara bass nya yang lebih menonjol. Kebanyakannya capasitor yang digunakan di PCB adalah capasitor jenis elektrolit (elco). Memang sering kita jumpai ada banyak jenis tantalum, namin tidak banyak pula dan kenanyakannya digunakan di rangkaian pada jalur trebel dan equlizer  saja.

Jika anda ingin memconanya, anda bisa menggabungkan karakteristik merk ternama ini untuk menghasilkannya suara bass an trebel yang halus dan besar. apalagi jika anda mengganti resistor biasa (yang 5% dan berwarna dasar coklat) dengan resistor 1 % yang harganya jauh lebih mahal dari resistor biasa.

Baca juga: Cara Agar Suara Speaker Ngebass Lebih Baik

Suara Speaker aktif anda akan lebih baik dari sebelumnya dengan menggantikan komponen-komponen tersebut. Gunakanlah Transistor atau IC unique (minta yang bagus ke toko) agar kualitas suara yang dihasilkan menjadi jauh lebih bagus lagi.

 

 

Terima kasih sudah melihat atau membaca artikel dari kami yaitu atikel, Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker, dan jangan lupa di LIKE dan COMMENT.

List speaker yang sering dicari:

Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD di HP Android
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus
Mengenal Merk Kabel AUX Yang Bagus –
Must read×

Top