Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara

In Speaker Mobil

Cara memperbaiki tape mobil tidak mengeluarkan suara yang paling mudah dapat dilakukan dengan cara service di tempat-tempat audio khusus mobil. Namun jika Anda merasa penasaran dengan cara memperbaikinya dan ingin melakukannya sendiri terlebih dahulu, tentu terdapat cukup banyak cara atau tips yang bermacam-macam.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa komponen pada sebuah mobil sangatlah banyak dan bermacam-macam. Masing-masing memiliki fungsi dan kelebihan yang dapat dinikmati oleh setiap penggunanya. Sebut saja salah satunya seperti tape mobil, perangkat audio ini dapat dikatakan sebagai salah satu kunci utama dalam set audio mobil.

Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara

Mengapa demikian? Ya, karena disaar komponen atau perangkat tersebut mengalami gangguan atau rusak, maka dapat dipastikan perangkat audio pada sebuah mobil tidak akan dapat beroperasi. Mungkin hingga saat ini masih tidak banyak kalangan yang memperdulikan hal tersebut. Namun pada nyatanya, kerusakan pada head unit audio atau tape mobil merupakan kasus yang cukup sering terjadi.

Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara

Jika berbicara penyebabnya, tentu saja banyak faktor penyebab yang dapat membuat head unit atau tape mobil mengalami permasalahan. Seperti salah satu contohnya yakni tape mobil yang tidak mengeluarkan suara. Kondisi tape mobil menyala, namun perangkat audio tersebut tidak dapat mengeluarkan output suara pada set audio mobil.

Sebut saja salah satu contohnya pada head unit KEWNWOOD yang hingga saat ini banyak digunakan pada mobil-mobil LCGC, salah satunya yakni Daihatsu. Pada jenis head unit atau tape mobil ini, kasus yang paling sering terjadi adalah Mode Protect, sehingga head unit atau tape mobil menyala namun tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Beberapa faktor penyebab yang dapat memicu kondisi tersebut antara lain adalah :

  • Adanya gangguan pada kabel audio mobil Anda. Ya, seperti yang kita ketahui, saat mobil digunakan maka akan terdapat getaran pada seluruh mobil, tidak terkecuali pada interior mobil. Getaran tersebut diketahui dapat membuat kabel dan soket pada audio mobil Anda menjadi longgar, terlepas, bahkan hingga kondisi terburuk yakni terbakar.
  • Penggunaan fitur USB yang tidak sesuai dengan prosedur pemakaian. Pada umumnya, tape mobil atau head unit yang diluncurkan pada saat ini selalu memiliki fitur USB untuk memutar lagu dari perangkat lain seperti Flashdisk atau Smartphone. Namun kebanyakan pengguna pada saat ini biasanya mengabaikan atau kurang memperhatikan prosedur penggunaan yang dianjurkan pada buku panduan.
  • Adanya gangguan pada program head unit atau tape mobil Anda, yang disebabkan oleh terlalu seringnya mengoperasikan tape mobil saat mesin mobil dimatikan. Hal tersebut diketahui dapat menyebabkan arus yang mengalir pada head unit atau tape mobil menjadi tidak stabil.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kerusakan audio pada head unit atau tape mobil tersebut? Jika kendalanya seperti itu, maka dibawah ini terdapat beberapa cara untuk memperbaiki tape mobil tidak mengeluarkan suara karena Mode Protect yang dapat Anda coba sendiri pada perangkat audio mobil Anda.

  1. Pertama-tama, periksa terlebih dahulu kabel-kabel audio pada mobil Anda. Khususnya yang terdapat pada head unit atau tape mobil. Jika ada yang terlepas atau putus, maka Anda dapat memperbaikinya terlebih dahulu kemudian mengoperasikan tape mobil Anda untuk mengetahui hasilnya.
  2. Jika seluruh kabel sudah diperiksa dan audio mobil masih tidak mengeluarkan suara dengan posisi head unit atau tape mobil menyala, maka siapkan peralatan kecil seperti jarum jahit, lidi, atau tusuk gigi.
  3. Jika tape mobil Anda benar dalam kondisi Mode Protect, maka matikan seluru arus yang terdapat pada mobil (lebih baik dilakukan saat mobil dalam keadaan mati dan power tidak menyala).
  4. Periksa head unit atau tape mobil Anda dan carilah lubng kecil yang biasanya terletak di bagian bawah sebelah kanan (dekat dengan port USB audio).
  5. Selanjutnya, tusuk lubang kecil tersebut menggunakan peralatan kecil yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  6. Cara ini dilakukan untuk mereset pengaturan dan menghilangkan Mode Protect pada perangkat head unit atau tape mobil Anda. Namun cara ini hanya dapat dilakukan pada perangkat head unit KENWOOD dengan tahun pembuatan di atas tahun 2008. Jika di bawah tahun 2008, maka untuk melakukan cara tersebut Anda harus membuka cover pada head unit terlebih dahulu.

Demikian di atas tadi adalah tips atau cara mudah memperbaiki tape mobil tidak mengeluarkan suara karena Mode Protect. Semoga informasi seputar audio mobil di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

List speaker yang sering dicari:

Tags: #Cara Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara #Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara #Tips dan Cara Memperbaiki Tape Mobil Tidak Mengeluarkan Suara

Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Resistor Alat Penahan Dalam Sirkuit Audio Musik
Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab Dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak Bersuara
Penyebab dan Solusi Jika Tape Mobil Tidak
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker
Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker –
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD Di HP Android
Cara Memutar Film DVD di HP Android
Must read×

Top