Memilih & Lihat Ciri Power Amplifier yang Bagus Untuk Lapangan

Akan lebih mudah untuk memilih amplifier (penguat daya) yang layak untuk kebutuhan sistem suara Anda jika Anda meluangkan waktu untuk meneliti dan berbicara dengan mereka yang memahami apa yang anda butuhkan. Terutama jika anda ingin memilih Power Amplifier yang andal untuk kebutuhan di lapangan.

Pengetahuan ini akan membantu Anda memilih amplifier berkualitas tinggi yang akan memenuhi kebutuhan dan anggaran Anda. Benar, peralatan yang lebih mahal berkinerja lebih baik. Kualitas suara akan meningkat seiring dengan bertambahnya ukuran power amplifier. Suara lemah akan dihasilkan dengan menggunakan penguat daya rendah.

Ciri Power Amplifier yang Bagus Untuk Lapangan

Pastikan untuk mengevaluasi faktor teknis dan non-teknis, spesifikasi, dan daya beli saat memutuskan power amplifier (PA) terbaik untuk berbagai acara langsung seperti dilapangan dan tempat terbuka. Saran terbaik untuk membeli, meningkatkan, atau menambahkan power amplifier yang andal dilapangan sehingga Anda tidak akan menyesali fitur yang Anda pilih.

Tips untuk Memilih Power Amplifier Untuk Lapangan

 

1. Pastikan Anda tau Produk yang Dibeli

Sebelum Anda masuk ke toko musik, pilih apakah Anda ingin membeli driver (tweeter), middle, subwoofer, atau subwoofer. Ini karena fakta bahwa ini terkait dengan daya (Watt PA) dan, tentu saja, biaya.

Kecuali jika Anda memilih merek tertentu yang dikenal dengan spesifikasinya yang tepat dan dapat dipercaya, terutama dalam hal stabilitas.Memilih Power Amplifier Untuk Lapangan

Produk Lokal dalam konteks ini mengacu pada amplifier yang dibangun di Indonesia. Sebab, merek-merek terkenal saat ini dibuat di China, Thailand, India, dan Vietnam. Hal tersebut di atas sangat terkait dengan alokasi anggaran, tujuan pemasaran, dan sewa dan harus diperhitungkan.

2. Pengetahuan Penggunaan Produk Amplifier

Memahami cara menggunakan produk terutama power amplifier untuk lapangan sangat penting untuk memilih penguat daya yang layak untuk aplikasi berikutnya.

Sebelum menuju ke toko musik dan memilih apakah itu akan menjadi driver (tweeter), center, sub, atau subwoofer, Anda harus memutuskan apakah Anda akan menggunakan PA. Ini karena fakta bahwa itu tergantung pada harga dan daya (watt PA).

Atau mungkin Anda ingin membeli dua PA yang memenuhi persyaratan untuk PA multiguna, satu untuk woofer dan subwoofer dan yang lainnya untuk driver (tweeter) dan midrange. Anda dapat membeli PA untuk subwoofer individual Anda dan menggunakannya untuk speaker dalam ruangan, atau Anda dapat menggunakan Twitter dengan PA untuk speaker tengah.

3. Identifikasi Merek Produk Menggunakan Referensi

Power Amplifier lapangan

Merek produk umum kemudian dikontraskan. Tanyakan kepada teman Anda, hubungi perusahaan yang menyewakan sistem suara, atau cari ulasan secara online, terutama dalam hal stabilitas, keandalan, dan, tentu saja, dukungan purna jual, kecuali jika Anda memilih merek tertentu yang terkenal dengan ketepatan dan spesifikasi yang dapat dipercaya.

4. Pikirkan tentang harga produk

Penguat daya yang efektif untuk lapangan dapat digunakan saat memilih produk, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Item bermerek memiliki spesifikasi yang jelas dan dapat diandalkan, menggunakan komponen kecil, dan hanya komponen SMD (Surface Mount Device), meskipun harganya lebih mahal daripada produk lokal yang sebanding.

Seiring dengan sistem pelindung yang dapat dipercaya, Anda juga dapat menemukan transformator toroid berkualitas tinggi yang biasanya lebih kecil dan lebih efektif. Namun, jika Anda memilih dengan cerdas dan penuh perhatian, banyak barang lokal menggunakan bahan impor berkualitas tinggi, terutama jika Anda memakannya sendiri atau menggabungkannya dan memasang suku cadang berkualitas tinggi.

Lihat Perbandingan Speaker Advance VS GMC, Bagus Mana ?

Baik produsen dalam dan luar negeri menawarkan produk power amplifier berkualitas untuk lapangan. Jelas bahwa barang-barang impor lebih unggul daripada barang-barang dalam negeri dalam hal kualitas. Namun, jika pemilihan dilakukan dengan hati-hati, Anda dapat menemukan barang-barang lokal berkualitas tinggi.

Kelask-kelas Amplifier

Anda dapat yakin bahwa Anda akan dapat memilih produk penguat daya terbaik dengan menerapkan saran yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik setiap gerakan yang Anda lakukan. Namun, hanya situs resmi pabrikan BLIAUDIO yang menawarkan pilihan barang lokal berkualitas tinggi.

Kelas-kelas dalam Power Amplifier Sound System hanya disertakan untuk kesadaran Anda bahwa pada dasarnya ada empat kelas utama amplifier, yang masing-masing memiliki tingkat kualitas suara yang diharapkan.

Meskipun ada klasifikasi tambahan, tidak semuanya digunakan secara umum. Oleh karena itu, Anda tidak boleh berlama-lama pada definisi itu. Klasifikasi amplifier ini meliputi:

Amplifier Kelas A

memiliki output suara berkualitas tinggi dan kapasitas energi yang signifikan. Sehingga akan menghasilkan suara terbaik nomor 1 dengan kejernihan dan daya yang tinggi.

Amplifier Kelas B

Kapasitas pelepasan energinya tidak lebih baik dari kelas A, dan kualitas suaranya yang relatif buruk juga tidak lebih buruk.

Amplifier Kelas A/B

Suaranya jauh lebih baik, pelepasan daya tergantung pada level yang Anda mainkan, dan sebanding dengan kelas A atau B. Level volume yang lebih rendah akan mendapat manfaat dari kualitas amplifier Kelas A, sementara level volume yang lebih besar lebih cocok untuk Kelas B.

Lihat juga Cara Hack Bluetooth Speaker Yang Terhubung

Amplifier Kelas D

Mode klasifikasi ini sangat cocok untuk menghasilkan suara rendah yang bagus dan sedikit lainnya. Baik kualitas suara maupun jumlah energi yang terbuang secara konsisten biasa-biasa saja dan tidak memadai.

Banyak produsen dan penggemar sistem suara yang dibangun telah menciptakan amplifier di kelas ini.

Pengetahuan tentang RMS dan PMPO

Harus diingat bahwa daya maksimum yang mampu dihasilkan oleh penguat suara bukanlah jumlah yang biasanya digunakan. Indikator yang berguna dari output daya dari penguat audio yang hanya digerakkan oleh komponen listrik di dalamnya untuk menghasilkan daya yang signifikan adalah peringkat RMS (Root Mean Square) pada penguat.

Kami tidak diharuskan membeli amplifier berdasarkan kapasitas maksimum peringkat RMS. Angka ini sering terjadi.

Tips untuk Mengubah Bass/Suara Rendah

Pastikan amplifier Anda memiliki pemutar atau kenop untuk menaikkan nada Rendah (Bass) dengan kapasitas daya yang besar jika Anda ingin mendapatkan nada bass yang keras dan menggelegar. Pemutar ini akan memberikan tekanan suara untuk nada bass (menyalakan peralatan audio digital).

Saat kami mendengarkan dentuman bass dalam musik yang Anda mainkan, ini adalah puncak tertinggi dalam daya yang dilepaskan; bahasa ini dikenal sebagai PMPO. Pecinta bass tidak dapat mengatasi keadaan ini. Karena tidak semua amplifier memiliki kualitas ini, Anda harus hati-hati memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Power Amplifier yang Tepat untuk Sound System Anda (Penutup dan Kesimpulan)

Tentu saja, industri ini adalah bentuk penguatan/ampli yang paling mendasar. Kapan pun Anda memutuskan untuk membeli power amplifier baru untuk memenuhi kebutuhan sound system lapangan, rumah atau otomotif Anda.

Banyak dari Anda, memang benar, adalah elemen dari kebutuhan Anda yang sebenarnya. Semoga petunjuk dan saran ini akan membantu Anda memilih sistem suara yang tidak terlalu sulit.

Artikel ini akan membantu Anda dalam menentukan apakah Anda memerlukan amplifier yang sesuai.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *