Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

Cara membuat sobwoofer bazooka untuk audio mobil sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena jika sudah mengetahui cara dan bahan apa saja yang dibutuhkan, maka hal tersebut sudah bukan lagi menjadi kendala. Hanya saja, biasanya banyak orang yang merasa malas untuk membuat komponen hingga merakitnya sendiri.

Bagi Anda yang beraktivitas seharian di dalam mobil, maka sudah tentu fitur multimedia akan menjadi salah satu hiburan dan teman terbaik. Namun jika mengandalkan kualitas suara dari sound standar yang terdapat pada interior mobil, maka sudah tentu kita tidak akan mendapatkan kepuasan saat menikmati musik di dalam mobil.

Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

Untuk itulah mengapa set audio dalam interior mobil Anda sebaiknya di modifikasi hingga menghasilkan suara yang lebih enak di dengar. Tentunya dengan dentuman bass yang lebih terasa dan kualitas suara sound yang lebih baik. Lalu, bagaimana caranya membuat set audio interior mobil menjadi lebih baik?

Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

Salah satu cara yang paling mudah memang dengan memasang set audio khusus untuk interior mobil. Namun seperti yang kita ketahui, untuk memasang set audio tersebut akan membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Nah, bagaimana jika kocek atau budget kita belum sesuai untuk memasang set audio khusus untuk interior mobil?

Salah satu jawabannya yakni memodifikasi audio mobil dengan sebuah sobwoofer bazooka. Ya, jika pada umumnya sobwoofer bazooka digunakan untuk audio rumahan, namun dengan sedikit kreativitas maka peranti audio tersebut dapat juga di aplikasikan dalam interior mobil. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba, berikut ini adalah cara membuat sobwoofer bazooka untuk interior mobil.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 unit power aplifier OCL 150 watt (mono)
  • 1 unit Inverter 12 Volt to CT 32 Volt
  • 4 pcs kapasitor 10.000uF 50 Volt
  • 2 pcs kapasito 10uF 25 Volt
  • 2 pcs resistor 10K ohm
  • 1 unit filter sobwoofer
  • 5 meter kabel RCA
  • 10 meter kabel power
  • 1 unit box sobwoofer (type ingle tune bandpass
  • 2 unit speaker sobwoofer 6 inchi (4ohm)
  • 1 pcs jack lighter mobil
  • 2 pcs switch toggle/rocker
  • 1 pcs fuse 3A

Cara membuat sobwoofer bazooka untuk audio mobil :

  1. Dalam tutorial ini menggunakan power 150 watt OCL yang sudah jadi. Sehingga tidak repot merakit lagi power sendiri.
  2. Untuk filter sobwoofer, buatlah filter yang menggunakan tegangan 12 volt dan 0 volt. Caranya yakni merubah tegangan atau dapat menggunakan rangkaian modif seperti pada dibawah ini.
  3. Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

  4. Siapkan box sobwoofer bazooka kemudian pasangkan speaker sobwoofer bazooka. Setelah selesai merakit sobwoofer, maka sambungkan seluruh kabel dan rangkaian komponen dengan skema berikut. Agar komponen tidak berserakan di dalam mobil, maka komponen seperti filter, kapasitor, serta power amplifier dapat disimpan di dalam box sobwoofer.
  5. Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

  6. Setelah semua komponen siap, langkah selanjutnya yakni merangkai lighter mobil. Kabel yang masuk pada lighter mobil berjumlah 3 buah kabel yakni kabel 12 volt, 0 volt, dan juga remote. Untuk kabel yang masuk pada head unit, maka dapat menyambungkannya menggunakan kabel RCA yang terletak di belakang head unit.
  7. Cara Membuat Sobwoofer Bazooka

  8. Jika head unit mobil Anda menggunakan tipe yang sudah terdapat terminal sobwoofer, maka Anda tinggal menyambungkan kabel RCA pada port tersebut.
  9. Terakhir, koneksikan power sobwoofer bazooka melalui lighter yang telah diangkai tadi lalu cobalah kuaitas suaranya.

Demikian di atas tadi adalah cara membuat sobwoofer bazooka untuk audio mobil yang paling mudah dan tidak membutuhkan kocek yang relatif besar. Semoga informasi modifikasi set audio di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *